*** Diterbitkan oleh: Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia ***

IG LIVE PERDANA PERKI 2019

Sabtu (31/08/2019) PP PERKI telah mengorbitkan program baru IG Live "Tanya Dokter Jantung", berupa siaran langsung dengan Instagram Live dari Dokter-dokter Jantung pilihan PP Perki untuk berinteraksi dengan sesama Dokter Jantung dan juga kalangan umum di manapun berada yang bisa mengakses.

Program ini ditayangkan atas inisiatif Departemen Infokom dan Pengabdian Masyarakat guna mengedukasi masyarakat umum sesuai dengan program kerja yang telah digariskan PP PERKI, rencananya akan tayang setiap 2 minggu sekali, setiap hari Sabtu.

Pada program perdananya ini, bertindak sebagai Host: Dr. Vito Damay, SpJP, M.Kes, FIHA dan mendatangkan seorang Speaker cantik: Dr. Riesma Viovica Sari, SpJP. Judul yang diangkat adalah: "Sesak Nafas, Apakah Saya Jantungan?"

Seiring dengan kemajuan jaman, maka teknologipun semakin berkembang, dan masyarakatpun sudah tidak asing lagi dengan kehadiran media sosial internet. Dan kini HOAX pun sudah semua orang tahu. "Namun yang sangat disayangkan, dari hoax-hoax yang beredar di Indonesia yang sekitar 65% nya berupa hoax tentang kesehatan, berita-beritanya kurang betul malah salah sama sekali", ungkap Dr. Vito mengawali siaran live-nya.

"Karena itu, PERKI berkomitmen untuk menjadikan IG inaheartperki live ini menjadi hoax buster terhadap informasi-informasi yang berkembang di masyarakat yang dapat membingungkan malah menjadi penyakit di masyarakat." tutur Dr. Vito selanjutnya. "Melalui program ini PERKI akan menampung pertanyaan dan juga menjelaskan mengenai seputar kesehatan jantung kepada masyarakat," tambahnya.

Bravo, buat program ini, karena begitu "On Air" viewer pun langsung bermunculan, ada yang sekedar menampilkan icon jempol tangan, "applause", "say hello", komentar, juga pertanyaan. Hampir 490an viewer yang mampir selama satu jam (08.00-09.00) tayang ini. Luar biasa mengingat program ini adalah program perdana.

Banyak pertanyaan yang muncul dari pemirsa, meskipun tak sedikit yang keluar dari topik IG Live kali ini namun Dr. Riesma dengan luwes dan cemerlang dapat menjawab semua pertanyaan ini. Dan sisa pertanyaan yang belum sempat terjawab, di 'PR' kan untuk IG Live yang akan datang kata Dr. Vito.

Ada satu ungkapan HOST kita yang menggelitik peliput, "Kalau anda didiagnosis sebagai terkena penyakit jantung dan diharuskan minum obat seumur hidup, jangan panik, tenang dulu, itu bukan akhir dari hidup anda. Obat dipakai sebagai maintenance/menjaga fungsi jantung agar dapat melaksanakan fungsinya sehari-hari. Dan jangan berfikir jadi ketergantungan obat, orang yang makan nasi seumur hidupnya tidak ada kata "ketergantungan nasi". Jadi minum obat jantung itu perlakukan sebagai suatu kebutuhan dan untuk perawatan hidup kita, seperti orang mempergunakan suncream, bukan ketergantungan suncream tetapi memang suatu kebutuhan untuk perawatan."

Dan satu lagi, "Masyarakat harus care dengan tubuh sendiri jangan tergantung pada dokter."

Betul juga ya Dok..... Bravo.... bravo.... bravo... Sukses.

(ARiS/IHN)


Sebagai catatan:
web: www.inaheart.org
instagram: inaheartperki, inaheartnews
twitter: @inaheartperki
facebook: perkipusat, inaheartperki
youtube: InaheartTV PERKI