*** Diterbitkan oleh: Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia ***

U N I K    ( 2 )
KINERJA REDAKSI InaHeartnews:
pada Masa Kabinet Amanah PERKI








DR Dr Raja Adil C Siregar (Pemimpin Redaksi) saat memimpin sidang redaksi untuk penerbitan tabloid InaHeartnews.


HAMPIR dua puluh tiga tahun tabloid ini berkiprah meramaikan jagad penerbitan kesehatan nasional. Suka duka pasang surut dan berbagai problema telah dilalui. “Alhamdulillah kami berhasil menerbitkan tabloid sesuai dengan waktu dan target, walaupun tentu masih terdapat kekurangan di sana sini,” tutur DR Dr Raja Adil C Siregar SpJP(K), Pemimpin Redaksi Tabloid InaHeartnews.

Di bawah pengurusan Kabinet Amanah --demikian Pengurus Pusat PERKI 2016-2018 disebut-- tim redaksi berhasil menerbitkan enam edisi tabloid sejak Oktober 2016. Namun, usia dan aktivitas penerbitan PERKI dimulai jauh sebelum itu. “Selain Tabloid ini, dulu kami pernah menerbitkan tabloid Medical Review dan Majalah Jantung Kardia,” tutur Asep Suhendar dari bagian perwajahan dan sirkulasi tabloid. Ada pula leaflet-leaflet pesanan dari industri farmasi yang memuat tentang acara simposium serta iklan obatnya.

Awalnya, tim redaksi pernah berkantor di Wisma Bisnis Indonesia lantai 11 yang letaknya tepat di depan RS Jantung Harapan Kita. Selanjutnya pindah ke Gapura Mas, lantas berkantor di dalam lingkungan RS Harapan Kita di Gedung Asrama lantai 4, lalu ke lantai 2. Ketika ada proyek pemugaran rumah sakit, maka kantor redaksi pindah ke PERKI House di Tanah Abang, Jakarta. Kini tim redaksi menempati salah satu pojok di lantai 3 Gedung Heart House tempat dimana sekretariat PP PERKI berada.

Selama ini setidaknya sudah empat Pemimpin Redaksi yang mengusung tabloid ini dari awal, yaitu DR Dr Faisal Baraas, Dr Dolly RD. Kaunang, Dr Sonny Hilal Wicaksono dan DR Dr Raja Adil Siregar. Selain Asep, sekretariat redaksi juga di awaki oleh Endah Muharini. Sejak Kabinet Amanah PERKI, tim redaksi juga mendapat bantuan dari Maxima Healthqual Indonesia, pimpinan Michael Suryadisastra, serta Fitri Kurniasih untuk bagian iklan.

Dalam pendistribusiannya, Tabloid InaHeartnews tak hanya mengandalkan format cetak, tetapi juga digital. Tabloid ini juga dapat dinikmati dengan mengakses: kardio.my.id, tabloidprofesi.kardiovaskuler (facebook), kardio_vaskuler (twitter), tpkindonesia.blogspot.co.id (blogspot) maupun inaheartnews.wordpress.com (wordpress).

Setiap kali ada kegiatan-kegiatan simposium atau workshop kardiovaskuler dan internis, redaksi juga akan sibuk menjadi juru foto dan membuat ulasan kegiatan. Berbagai kegiatan yang ada kami rangkum menjadi liputan untuk disajikan dalam tabloid. Untuk itu, kami selalu mengadakan rapat rutin redaksi untuk membahas isi tulisan, bahan-bahan wawancara dan foto, termasuk iklan dan percetakan.

Pada kesempatan ini kami atas nama Tabloid InaHeartnews mengucapkan terima kasih kepada berbagai perusahaan farmasi yang telah mendukung keberadaan kami, juga kepada dokter-dokter penulis yang telah berkontribusi penulisan dalam tabloid ini. Harapannya, tentu agar para pendukung terutama dari industri farmasi bisa lebih aktif lagi dalam kegiatan ini. Begitu juga dengan para spesialis, profesor dan dokter yang telah menyumbangkan pikiran dan tenaganya untuk tabloid. Salam InaHeartnews!*