*** Diterbitkan oleh: Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia ***

Manfaat Vitamin E bagi Wanita


1. Anti Kanker
Manfaat vitamin E yang sangat penting adalah sebagai zat pencegah terbentuknya sel kanker. Beberapa ahli kesehatan merekomendasikan vitamin E untuk mencegah kanker paru-paru dan kanker mulut pada para perokok. Selain itu, vitamin E juga dapat mencegah timbulnya kanker pankreas serta diabetes.

2. Anti Stres
Vitamin E yang terkandung dalam pisang, selada, strawberry, buncis dan ubi jalar juga ampuh untuk mengatasi rasa tertekan, kecemasan atau depresi. Para wanita karir sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin E secara teratur agar tetap rileks meski sedang dikejar deadline.

3. Anti PMS
PMS (premenstrual syndrom atau sindrom pra menstruasi) menjadi momok bagi sebagian wanita karena mengakibatkan terganggunya aktivitas dan memperburuk hubungan dengan orang terdekat. Tingkatkan konsumsi vitamin E beberapa hari sebelum datang bulan agar Anda dapat beraktivitas seperti biasa.

4. Meringankan Alzheimer
vitamin E dapat diberikan pada para penderita gangguan saraf dan fungsi otak, misalnya penderita alzheimer, parkinson dan epilepsi. Jika penderita sulit mengkonsumsi atau menolak makanan yang mengandung vitamin E, berikan dalam bentuk suplemen dengan cara memecah kapsul lunak vitamin E dan mencampurkan cairan vitamin E dalam air minum.

5. Awet Muda
Vitamin E juga berguna untuk menjaga, memelihara dan meningkatkan elastisitas serta kelembaban kulit, sehingga membuat wajah terlihat muda. Para wanita berusia 30 tahun ke atas dianjurkan meningkatkan asupan vitamin E agar kulit terlihat cerah dan memperlambat masa menopause. Semoga bermanfaat...

(dr. Juzny Alkatiri, SpJP,
15 Agustus 2017)