*** Diterbitkan oleh: Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia ***

Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Sakit

1. Buah Anggur

Buah Anggur memiliki kandungan anti obsidian yang tinggi yang dapat melawan virus. Selain itu, buah anggur juga bisa meningkatkan produksi darah yang akan meningkatkan energi. Anggur juga mengandung mineral yang bisa membuat tubuh lebih cepat pulih ketika sakit.


2. Buah Pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi. Vitamin C berkhasiat untuk kembali menguatkan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Sedangkan kandungan serat pada pepaya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan yang bisa membuang racun-racun berbahaya dari dalam tubuh.


3. Pisang

Buah pisang adalah sumber gula alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan sukrosa, glukosa dan fruktosa diketahui bisa membantu memulihkan kondisi tubuh. Selain itu ada juga beberapa zat dalam pisang yang bisa meningkatkan antibodi, seperti kalium, natrium, vitamin B6, dan beberapa kandungan nutrisi penting lainnya. Buah pisang ini juga bisa membantu meningkatkan produksi hemoglobin di dalam tubuh.


4. Apel

Apel adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C dan B kompleks yang tinggi. Kandungan vitamin tersebut dinilai cukup efektif untuk bisa mengatasi kelelahan dan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu juga mengandung antioksidan yang efektif untuk melawan kanker dan juga berbagai macam virus penyebab penyakit lainnya.

5. Mangga

Selain berdampak bagus untuk kesehatan pencernaan, mangga juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Buah mangga ini mengandung 25 karotenoid yang sangat bagus efeknya untuk kesehatan tubuh. Mangga juga mengandung folat yang cukup tinggi, sehingga bagi para ibu hamil buah ini juga cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kehamilan.

6. Semangka

Semangka dikenal sebagai salah satu buah yang sangat menyegarkan karena memiliki kandungan air yang tinggi. Oleh karena itu semangka sangat baik untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Selain itu semangka mengandung vitamin C yang fungsinya untuk melancarkan metabolisme di dalam tubuh.

Semoga bermanfaat...

(dr. Juzny Alkatiri, SpJP, 14 Agustus 2017)